Ahad, 30 Ogos 2009

AVATAR:THE LAST AIRBENDER

Avatar:The Last Airbender,Cerita ini mengisahkan tentang karakter Aang, Katara, Sokka, dan Toph dalam perjalanan mereka untuk menyelamatkan dunia dari Negara api. Bermula dengan kisah Aang yang teperangkap didalam bongkahan ais dan dijumpai oleh 2 orang dari puak Southern Water Tribe Katara dan Sokka. Selepas Aang bebas dari bongkahan ais, Katara dan Sokka menyertai Aang dalam perjalanan mereka menjelajahi dunia untuk membantu Aang memperolehi kemahiran memanipulasi unsur alam bending untuk mengalahkan Fire Lord dan menghentikan peperangan.Dalam siri ini, musim dianggap sebagai book dan episod sebagai chapter.

Latar belakang
Avatar: The Last Airbender berlatar belakang sebuah dunia fantasi, tempat tinggal manusia, pelbagai binatang fantastik, dan roh-roh. Peradaban manusia terbahagi kepada empat bangsa, Suku Air (Water Tribe), Kerajaan Tanah (Earth Kingdom), Pengembara Udara (Air Nomads), dan Negara Api (Fire Nation). Dalam setiap bangsa ada orang-orang yang dipanggil "Bender" (Pembengkok atau dalam hal ini pengendali) yang memiliki kemampuan mengendalikan unsur alam sesuai bangsa mereka. Seni mengendalikan unsur alam ini merupakan perpaduan gaya seni bela diri dan sihir unsur alam.
Dalam setiap generasi, ada seseorang yang mampu mengendalikan setiap unsur, ialah yang dipanggil sebagai Avatar, roh dari planet yang menitis dalam bentuk manusia. Ketika seorang Avatar meninggal dunia, dia akan terlahir kembali di bangsa yang gilirannya selalu berganti-ganti sesuai dengan siklus Avatar (Avatar Cycle), yang seiring dengan musim: musim sejuk untuk air, musim bunga untuk tanah, musim panas untuk api dan musim luruh untuk udara. Legenda mengatakan bahwa seorang Avatar harus mempelajari seni mengendalikan unsur sesuai dengan urutannya, dimulai dengan unsur asli bangsa sang Avatar, namun terkadang urutan ini boleh dilewat jika keadaan memaksa. Mempelajari pengendalian unsur yang berlawanan dengan unsur asli bangsa seseorang adalah hal yang teramat sulit karena perbezaan gaya seni beladiri dan doktrin-doktrinnya.

Maksud istilah Avatar
Istilah Avatar berasal dari Bahasa Sanskrit: "Avatara", yang membawa maksud "turun". Dalam Mitologi Hindu, para Dewa memanifestasikan dirinya dengan turun menjelma ke dunia untuk mengembalikan keseimbangan di muka bumi setelah mengalami zaman kejahatan Avatar. Aksara China yang muncul di atas kata "Avatar" pada pembukaan cerita bererti "Perantara Tuhan yang turun ke dunia fana".
Ketika Aang masih kecil, ia tahu bahwa dirinya adalah seorang Avatar saat memilih empat mainan di antara ribuan mainan yang lain. Empat mainan tersebut adalah mainan yang sama dengan yang dipilih oleh para Avatar dari generasi sebelumnya ketika masih kecil, dan membuktikan bahwa Aang adalah reinkarnasi dari Avatar. Ini merupakan ujian yang sama dengan yang dilakukan oleh anak-anak Buddha di Tibet untuk menguji apakah ia merupakan reinkarnasi Tulku Lama. Menurut buku "Keajaiban dan Misteri di Tibet" karya Alexandra David-NĂ©el, “beberapa benda seperti misalnya jimat peralatan upacara, buku, cangkir teh, dan lain-lain ditaruh bersama-sama dan sang anak akan mengambil benda-benda, yang mana merupakan kepunyaan Tulku terdahulu, dan hal tersebut menunjukkan bahwa ia mengenali ingatannya pada kehidupannya yang terdahulu”.

Watak
Watak-watak utama

Aang
Katara
Sokka
Toph
Zuko
Iroh
Azula

Watak-watak Kedua
Admiral Zhao

Aunt Wu
Avatar Kyoshi
Avatar Roku
Chit Sang
Combustion Man
Fire Lord Azulon
Fire Lord Ozai
Gran Gran
Guru Pathik
Jet
June
Jeong Jeong
Long Feng
Mai
Master Pakku
Monk Gyatso
Suki
Princess Yue
Teo
Ty Lee

Tempat-tempat dalam cerita
Ba Sing Se
Omashu
Kyoshi Island
The Great Divide
Southern Water Tribe
Northern Water Tribe
The Southern Air Temple
The Northern Air Tempe
The Eastern Air Temple
The Western Air Temple
Zuko's Ship
Fire Nation Capital
Fire Temple / Crescent Moon Isle
Abandoned Earth Kingdom City

Teknologi/ Peralatan lain
Creeping crystal
Firebender warships
Omashu mail delivery system
Firebender tanks
Firebender catapults
Firebender war ballons
Firebender air ships